Usaha dan Pembuatan Gula Merah Kelapa

Usaha dan Pembuatan Gula Merah Kelapa

Gula Merah Kelapa dibuat dari bahan nira kelapa (legen).

Nira dari Kelapa untuk pembuatan Gula Merah Kelapa

Nira dari Kelapa untuk pembuatan Gula Merah Kelapa

Cara pembuatan Gula Merah Kelapa cukup sederhana. Berikut adalah proses sederhana dari pembuatan gula merah kelapa:

  1. Pertama nira kelapa disaring agar bersih kemudian dididihkan menggunakan jadi/kenceng atau alat lain yang permukaannya lebar.
  2. Selama proses tanak, Gula Merah Kelapa harus sering diaduk agar tidak hangus.
  3. Setelah menjadi pekat, gula diturunkan sambil terus diaduk. Adonan yang siap dicetak dituangkan ke dalam cetakan yang terbuat dari tempurung berupa lingkaran yang terbuat dari iratan bambu, bambu yang dipotong-potong, paralon, atau kotak-kotak yang terbuat dari kayu.

  4. Setelah menjadi dingin dan mengeras, gula dikeluarkan dari cetakan.
  5. Pengemasan dilakukan dengan cara membungkus gula dengan krakas/daun pisang kering, atau daun waru kering untuk gula yang dicetak memakai tempurung. Klaras dan daun kelapa atau gedebok pisang yang dikeringkan untuk gula yang dicetak berbentuk lingkaran datar. Pengemasan juga bisa menggunakan plastik terutama untuk gula yang berbentuk balok. Gula yang sudah dikemas kemudian disimpan di tempat yang kering dan siap untuk dipasarkan.

Dalam pemasarannya, Gula Merah Kelapa disalurkan melalui dua saluran distribusi, yaitu:

Gula Merah Kelapa

Gula Merah Kelapa

  1. Pemasaran langsung kepada konsumen. Pemasaran langsung kepada konsumen sebagai bahan pemanis bagi ibu rumah tangga maupun sebagai bahan pelengkap dalam industri makanan atau minuman, antara lain gula kacang (ampyang), enting-enting, kue satu, nopia, wajik, kecap, dan masih banyak lagi.
  2. Pemasaran kepada pedagang pengumpul kecil maupun besar. Pedagang pengumpul yang banyak berperan dalam pemasaran produk dari produsen, memasarkan kepada konsumen, pedagang pengecer maupun pedagang menengah/besar.

Source : http://www.purworejokab.go.id



Allahu A'lam. Allah Maha Mengetahui.
Semua kesalahan yang ada di blog ini datangnya dari kesalahan dan lalainya manusia (saya sendiri), mohon koreksinya kalau dirasa ada yang salah.

Tags: ,

Facebook Comments:

No comments yet.

Leave a Comment

Remember to play nicely folks, nobody likes a troll.