Spesifikasi dan Berbagai Review Fujitsu Lifebook PH521

Spesifikasi Notebook Fujitsu Lifebook PH521 E350

    Prosesor AMD E350 1.6GHz L2 Cache 1MB
    Memory DDR3 2 GB
    Hard disk 320 GB SATA
    Graphics AMD Radeon HD6300
    Layar 12″ 1366×768
    Interkoneksi wifi 802.11bgn dan Bluetooth 3.0
    Port USB 2.0, HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
    Webcam
    Card reader
    Daya Baterai 4400mAh
    Ukuran (mm) 285x209x32.9
    Berat (kg) 1.447
    Berat+charger (kg) 1.682
Fujitsu Lifebook PH521

Fujitsu Lifebook PH521

Spesifikasi Notebook Fujitsu Lifebook PH521 E450

    AMD E-450 (1.65GHz, 1MB L2 cache,1333MHz)
    2GB DDR3 1066MHz (Max. Memory Supported: 8 GB (2X4GB) DDR3 1066MHz, Single Channel)
    320GB / 500GB /640GB
    Graphics AMD Radeon HD 6320M
    Layar 12″ 1366×768
    Interkoneksi Bluetooth v2.1+EDR, 100/10Mbps Fast Ethernet LAN, dan Atheros 802.11bgn. Switch ON/OFF yang terpisah untuk koneksi wireless.
    Port USB 2.0, HDMI, D-Sub, Audio In/out, Ethernet
    Webcam
    Card reader
    Daya Baterai 4400mAh (Up to 5h 40min)
    Ukuran (mm) 285mm (W) x 209mm (D) x 32.9mm (H)
    Berat (kg) 1.45kg
Fujitsu Lifebook PH521

Fujitsu Lifebook PH521


Review Fujitsu Lifebook PH521 oleh JagatReview

http://www.jagatreview.com/2012/01/review-fujitsu-lifebook-ph521-tampil-menawan-dengan-amd-e350/

Pada Buyer’s Guide yang kami berikan pada akhir tahun lalu, untuk notebook di rentang harga Rp3.000.000,- hingga Rp3.999.000,-, Anda dapat menemukan notebook dengan kinerja yang cukup baik dan memiliki dimensi yang portable sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Masih di rentang harga yang sama, Anda pun dapat menemukan notebook dengan performa yang lebih tinggi dari pilihan pertama tadi, tetapi sayangnya, notebook ini memiliki dimensi dan bobot yang cukup berat. Pada review Fujitsu Lifebook PH521 kami kali ini, Anda akan kami ajak untuk melihat sebuah notebook di rentang harga tersebut. Notebook Fujitsu ini mempunyai dimensi dan berat yang nyaman untuk dibawa mobile. Bagaimana kinerja dan daya tahan hidup dari Fujitsu Lifebook PH521 ini? Baca terus review kami!

Fujitsu Lifebook PH521 mempunyai bentuk dan dimensi sedang, dengan ukuran layar 12″. Kombinasi di antara ketiganya masih dianggap nyaman untuk digunakan melakukan pekerjaan di kalangan perkantoran. Casing dari Fujitsu Lifebook PH521 menggunakan finishing glossy dan ditawarkan dalam beberapa warna dan salah satunya adalah merah. Kebetulan produk review kali ini menggunakan warna merah. Perpaduan warna merah menyala ini dengan warna hitam membuat notebook ini terlihat sangat menarik sekali.

Sebelum kita lebih jauh membahas isi dari Fujitsu Lifebook PH521, ada baiknya Anda membaca spesifikasi yang diusung oleh notebook ini.

Berbicara soal layar, notebook ini menggunakan layar glossy yang akan sedikit mengganggu jika Anda menggunakannya di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terik. Layar akan menangkap bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisir hal tersebut dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan degradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan degradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Pada bagian kiri dan kanan Fujitsu Lifebook PH521, Anda akan menemukan beberapa port, seperti USB2.0, D-sub, ethernet, dan audio in/out. Notebook ini juga dilengkapi port HDMI yang akan sangat berguna bila Anda ingin menyambungkan notebook ini dengan LCD TV berukuran besar, sehingga Anda mendapat tampilan layar yang lebih besar dan memuaskan ketika menggunakan untuk menonton film full HD1080P.

Keyboard pada Fujitsu Lifebook PH521 menggunakan type klasik yang nyaman digunakan walaupun notebook ini mempunyai form factor layar 12″. Ketika kami gunakan untuk mengetik, tuts keyboard terasa empuk dan cukup ergonomis. Pada bagian trackpad yang menggunakan finishing glossy berwarna merah terdapat trackpad yang menurut kami berukuran tidak terlalu besar sehingga akan sedikit menghambat ketika Anda melakukan gerakan multi touch.

Kinerja yang ditawarkan oleh AMD Zacate E350 yang disertakan untuk menjadi sumber tenaga notebook ini cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi menengah dan bawah dengan cukup lancar. Anda masih dapat menjalankan aplikasi yang biasa dipakai pengguna komputer (menulis menggunakan Word, browsing, atau mengakses situs dengan flash) dengan cukup lancar.

Browsing 5 Tab: tes online ini menggunakan browser FireFox dan me-refresh sebuah website secara bergantian dengan waktu yang telah ditentukan (contoh: website A refresh 30 detik, website B refresh 40 detik). Kami menggunakan beragam website, mulai dari yang ringan sampai yang menggunakan flash dalam jumlah yang cukup banyak.

Movie 720 WMV dan Movie 1080 MOV: Kami menyimulasikan untuk mendapatkan nilai daya tahan baterai bila sebuah notebook digunakan untuk menonton film dalam berbagai resolusi dan hasil yang kami dapatkan menggunakan aplikasi log time.

Dari hasil pengujian, notebook ini berhasil menampilkan daya tahan yang cukup, untuk browsing menggunakan jalur data WiFi dapat bertahan selama hampir 3 jam. Untuk menjalankan movie HD720P dapat bertahan selama 3 jam lebih.

ATI Radeon 6320HD yang menyatu di dalam prosesor Brazos ternyata tidak mampu menghasilkan nilai tinggi yang cukup untuk menjalankan game 3D. Bila Anda ingin bermain game 3D dengan lancar, Anda harus mendapatkan nilai minimal 3000 di 3DMark 2006. Akan tetapi, skor ini jauh lebih baik dibandingkan Atom (bahkan dual core sekali pun) yang hanya mencapai kisaran nilai 150-155 saja.

Fujitsu Lifebook PH521 bisa menjadi pilihan yang tepat bila Anda sedang mencari notebook yang menyenangkan untuk diajak mobile. Selain mempunyai ketebalan yang tipis dan bobot yang ringan, notebook ini mempunyai layar yang cukup ergonomis untuk digunakan. Layar sebesar 12″ ini tidak akan membuat mata Anda lelah bila digunakan dalam jangka waktu lama. Kinerja yang ditawarkan notebook ini pun cukup baik untuk menjalankan aplikasi menengah dengan cukup lancar walaupun kinerjanya tidak terlalu jauh dari seri sebelumnya. Fujitsu Lifebook PH521 juga dapat menjadi mesin hiburan yang memuaskan untuk menjalankan film HD 1080P.

Kelebihan

  • Dimensi sedang dan tipis.

Kekurangan

  • Casing mudah kotor dengan bercak tangan.
  • Daya tahan baterai kurang tinggi

Review Fujitsu Lifebook PH521 oleh PC Plus

http://www.tabloidpcplus.com/2011/12/review-produk/review-notebook-fujitsu-lifebook-ph521/

Di bawah panel keyboardnya hadir stiker “Spill resistant keyboard”. Menurut penjelasan di situs Fujitsu, ini berarti netbook tidak akan rusak ketika tertumpah berhubung air tidak bisa mencapai motherboard. Padahal PCplus lihat tak ada sistem talang air seperti yang ditawarkan merek saingan yang mengklaim hal sama. Hm, kita buktikan saja yuk!

Maka gelas berisi air putih di sisi Fujitsu LifeBook PH521 yang sedang PCplus pakai pun disenggol. Air pun tumpah membasahi keyboard. Segera PCplus miringkan netbook, agar air mengalir ke luar. Netbook PCplus matikan, lalu keyboard dikeringkan. Esoknya, netbook berprosesor AMD Brazos itu PCplus hidupkan dan memang bisa aktif. Tapi, entah mengapa tombol 5 sepertinya nyangkut sehingga proses berhenti setelah layar Windows.

O ya, panel keyboard Fujitsu Lifebook PH521 terlihat retro. Maksudnya, ia tidak menganut gaya chiclet yang populer saat ini. Jarak antartombol tidak lebar. Keuntungannya, ukuran tombol lebih lebar, cocok bagi mereka yang berjari-jemari agak besar. Tombol-tombol pun nyaman diketuk.

Enteng, rupawan dengan warna merah menyala, dan awet baterainya (tahan sekitar 5 jam). Layarnya yang 11,6˝ itu terang dan lega. Plus keyboardnya ‘spill resistant’. Kinerjanya pun tak buruk. Ini membuat Fujitsu LifeBook PH521 cocok bagi kamu yang suka gaya hidup mobile tapi tak ingin harus selalu dekat dengan stopkontak.

SYSmark 2007 Preview 1.06
Rating 56
PCMark Vantage Pro 1.0.2.0
PCMark Score 2227 PCMarks
3DMark Vantage Pro 1.0.2
3DMark Score P688
Cinebench R11.5
CPU 0,64 pts
Expression Encoder 4 2523 detik
dBpoweramp Music Converter 13.5 255 detik
Daya Tahan Baterai
Memutar Video Definisi Tinggi 11260 detik
Battery Eater ’05 Pro 2.70 18980 detik

Kelebihan Fujitsu Lifebook PH521: Ringan, tombol lebar, baterai awet, keyboard antiair.
Kekurangan Fujitsu Lifebook PH521: Touchpad kecil, speaker kurang kuat, harga.


Review Fujitsu Lifebook PH521 oleh InfoKomputer

http://www.infokomputer.com/review/komputer/4716-fujitsu-lifebook-ph-521

Ringan dibawa, ringan juga di kantong. Ditambah keyboard tahan air, notebook ini cocok bagi Anda yang profesional.

AMD Fusion semakin menemukan momentumnya Hal ini terlihat dari makin banyaknya pabrikan yang memproduksi notebook menggunakan prosesor AMD Fusion. Di sini kami mengulas Fujitsu LifeBook PH-521. Secara konsep, notebook ini menawarkan hal yang sama: notebook 11,6 inci yang diperuntukkan bagi Anda yang mobile.

Namun secara penampilan, Fujitsu tampil lebih genit dibanding ThinkPad. Tengok saja warna merah yang menyelimuti sebagian besar permukaannya. Lekukan di sisi atas keyboard juga terlihat unik, dan sedikit menyamarkan ketebalan desain notebook ini.

Jika dihitung, ketebalan di sisi paling tebal mencapai 3,4 cm—agak kontradiktif dengan konsep mobility yang dikedepankan notebook ini. Untungnya desain kaku tersebut dikompensasi bobot yang cuma 1,4 kg, jadi seharusnya Anda dengan mudah membawanya seharian.

Saat pertama menggunakannya, kami agak kecewa mendapati desain keyboard-nya yang belum mengadopsi desain tombol terpisah (chiclet). Mungkin ini lebih soal kebiasaan, namun kami merasa desain chiclet lebih nyaman digunakan dibanding desain rapat seperti yang digunakan Fujitsu. Apalagi beberapa tombol favorit kami, seperti Backspace dan navigasi, terasa kecil. Alhasil kami membutuhkan waktu cukup lama untuk terbiasa dengan keyboard tersebut.

Namun karena ditujukan bagi kaum profesional, keyboard tersebut memiliki teknologi spillresistant yang menjaga interior notebook saat tersiram air. Kami menumpahkan sedikit air di atasnya, dan keyboard tersebut terbukti mampu menjaga air tergenang di permukaan sehingga dengan mudah dikeringkan.

Di luar masalah keyboard, penggunaan notebook ini secara keseluruhan cukup menyenangkan. Layarnya yang beresolusi 1366×768 pixel terlihat tajam dengan warnawarni natural. Suaranya juga keras dan bening, yang merupakan kejutan menyenangkan untuk notebook ukuran mungil seperti ini. Touchpad berukuran 6,8×3,5 cm relatif kecil, namun terasa responsif menjelajahi seluruh penjuru layar. Notebook ini juga menyediakan tombol fisik untuk mengaktifkan WiFi dan Bluetooth, meski penempatan di sisi bawah agak menyulitkan.

Dari sisi fasilitas, kelengkapan notebook ini terbilang standar. Untuk koneksi nirkabel ada WiFi dan Bluetooth, sedangkan koneksi kabel ada Ethernet, HDMI, dan USB (3 buah). Kapasitas harddisknya juga hanya 320 GB, yang terasa sedikit ketika notebook masa kini biasanya dilengkapi kapasitas 500 GB. Selain itu, tidak ada perangkat optis di notebook ini.

Sementara untuk performa, notebook ini terbilang setara dengan notebook lain yang menggunakan AMD Fusion E-350. Kemampuannya memang tidak istimewa, namun cukup solid untuk mengerjakan aplikasi standar. Durasi baterainya juga bagus, meski tetap harus mengakui keunggulan ThinkPad x120e yang memiliki kapasitas baterai lebih besar.
(Wisnu Nugroho)

****

Jika Anda beranggapan notebook Fujitsu selalu mahal, Lifebook PH-521 bisa menjadi antitesisnya. Dengan harga Rp.3,7 juta (tanpa sistem operasi), notebook ini sangat kompetitif dari sisi harga. Kelebihan lain dari notebook ini adalah bobotnya yang ringan serta desain keyboard yang spill-resistant. Jika Anda sedang mencari notebook kelas 11,6 inci, Lifebook PH-521 harus masuk daftar pilihan.

Hasil Uji
Dengan komponen yang nyaris sama, performa Fujitsu Lifebook PH-521 terlihat setara dengan Lenovo ThinkPad X120e. Yang membedakan adalah daya tahan baterai Fujitsu yang tertinggal dari Lenovo. Maklum, kapasitas baterainya memang lebih kecil.

Pengujian

Fujitsu
PH-521
(AMD E-350 1,6GHz, memori DDR3-10700 4GB, VGA AMD Radeon HD6300
baterai 48Wh, 11,6 inci)

Lenovo
X120e
(AMD E-350, memori DDR3-10700 2GB, VGA AMD Radeon HD6310, baterai 57Wh,
11,6 inci)

Sysmark
2007

56

56

PCMark
Vantage

2227

2255

3DMark
Vantage

P688

P717

Stalker
(Day)

8,8 fps

9,2 fps

Cinebench
R11.5

0,64

0,64

Encoding
video

42 menit 3 detik

43 menit 19 detik

Encoding
audio

4 menit 15 detik

4 menit 4 detik

Daya
Tahan Baterai

Memutar
HD Video

2 jam 25 menit

4 jam 10 menit

Battery
Eater (Text)

5 jam 16 menit

8 jam 8 menit

Anti Tumpahan
Meski cuma notebook entry-level, Lifebook PH-521 ini dilengkapi keyboard yang tahan tumpahan air. Cocok bagi Anda yang ceroboh.

Lekukan Cantik
Lekukan di dekat engsel notebook sedikit mengurangi kesan tebal yang tertangkap saat melihatnya dari samping.

Posisinya Aneh
Seperti notebook masa kini, LifeBook PH-521 dilengkapi dengan koneksi HDMI. Namun di luar itu, tidak ada fasilitas ekstra di notebook ini.

Plus : Bobot ringan; keyboard spill-resistant; harga terjangkau.
Minus : Desain bulky; tanpa tombol fisik untuk WiFi.

Skor Penilaian
- Kinerja : 3,5
- Fasilitas : 2,25
- Penggunaan : 4
- Harga : 4,5
- Skor total : 3,5

Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari review dari Fujitsu PH521.



Allahu A'lam. Allah Maha Mengetahui.
Semua kesalahan yang ada di blog ini datangnya dari kesalahan dan lalainya manusia (saya sendiri), mohon koreksinya kalau dirasa ada yang salah.

Tags: ,

Facebook Comments:

No comments yet.

Leave a Comment

Remember to play nicely folks, nobody likes a troll.