(Panduan Fitnes) Cara Bernafas yang benar ketika Latihan Beban

Kalau anda baru saja mengenal dunia fitnes, dan belum tau teknik yang baik dan benar, juga tidak memiliki personal trainer atau instruktur yang benar-benar memperhatikan cara anda melakukan latihan beban mulai dari pernafasan, gerakan, pendingindan, dsb, mungkin anda berada dalam bahaya karena belum mengerti ilmunya, salah satunya adalah ancaman penyakit hemoroid / wasir / ambeien.
Berlebihankah kalau dibilang demikian?
Tentu tidak, teknik latihan beban yang salah bisa menjadi salah satu penyebab hemoroid / hemorrhoid / wasir / ambeien, selain pola makan yang kurang sehat. Juga mungkin ancaman-ancaman penyakit lainnya seperti hernia / turun berok.

Dibutuhkan teknik pernafasan yang benar ketika anda mulai memutuskan untuk memulai fitnes.

Berikut adalah cara bernafas yang baik ketika anda melakukan latihan beban.

Intinya adalah, ambil nafas ketika posisi otot sedang rileks (saat beban turun/melepas beban) dan keluarkan nafas saat saat otot sedang kontraksi (mendorong/menarik beban), jangan tahan nafas sehingga membuat anda mengejan (ngeden).

Contoh:

  • Ketika latihan bench press, ambil nafas ketika menurunkan beban, dan buang nafas saat mulai mengangkat beban.

    Latihan Dumbbell Bench Press

    Latihan Dumbbell Bench Press

  • Ketika latihan lat pull down, buang nafas ketika menarik beban ke bawah, dan ambil nafas ketika mulai melepas beban ke atas.

  • Ketika latihan pull up, ambil nafas saat starting position, dan buang nafas saat mengangkat badan anda.

Gampang kan?
Biar lebih gampang, dipraktekkan pelan-pelan, nanti akan lancar dengan sendirinya kalau sudah terbiasa dengan pola pernafasan yang benar. Tidak perlu terburu-buru saat latihan, juga jangan malu-malu untuk bertanya ke intruktur atau senior di tempat gym anda. Inget, kita fitnes untuk cari sehat, bukan cari penyakit.

Lalu apa hubungannya antara teknik bernafas yang salah saat fitnes dengan penyakit ambeien?

Penjelasan simplenya:
Ketika kita mengangkat beban, otomatis akan ada mekanisme mengejan, nah saat itu tekanan dalam perut (intra abdominal) akan meningkat. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan vena/pembuluh darah balik ikut melebar, nah vena yang terdapat di sekitar rectum dan anus juga akan melebar. Pelebaran yg abnormal inilah yg nantinya akan membesar dan menjadi ambeian/hemorrhoid.

Jadi, kalau ada teman yang katanya kena penyakit wasir akibat fitnes, jangan salahkah fitnes-nya, tapi salahkan teknik fitnesnya yang belum benar. Mungkin dia terlalu banyak ngeden waktu nahan beban, karena ibu-ibu yang ngeden untuk melahirkan bayinya pun bisa terkena resiko wasir, padahal dia gak fitnes. Jadi, bukan fitnes yang salah yaaa?



Allahu A'lam. Allah Maha Mengetahui.
Semua kesalahan yang ada di blog ini datangnya dari kesalahan dan lalainya manusia (saya sendiri), mohon koreksinya kalau dirasa ada yang salah.

Tags:

Facebook Comments:

1 Awesome Comments So Far

Don't be a stranger, join the discussion by leaving your own comment
  1. AdamS
    April 24, 2013 at 17:14 #

    Mas Bro contoh olah raga untuk pemula apa ?
    Juga untuk menambah berat badan dan membesarkan otot, terutama otot tangan, lengan, dada, sama perut ?

Leave a Comment

Remember to play nicely folks, nobody likes a troll.

Jual Kue Lebaran



>> KLIK <<