Palm sugar / Gula Palem

Palm sugar (Sugar palm) atau gula palem awalnya dibuat dari nira tanaman palem seperti palmyra palm (Borassus sp.), date palm (Phoenix dactyifera), dan sugar date palm (Phoenix sylvestris). Gula palem dapat juga dibuat dari nira pohon sagu (Metrxylon sagu), aren (Arenga pinnata), dan juga pohon kelapa (Cocos nucifera). Di Indonesia, gula palem yang dipasaran umumnya dibuat dari nira pohon aren, nira kelapa, atau lontar/siwalan (Borassus flabellifer).

Nectar / Sugary sap / Nira adalah cairan yang dikeluarkan dari bunga tanaman palem yang memiliki rasa yang manis. Nira diambil dengan cara mengikat erat bagian pangkal bunga (mayang; tandan bunga tumbuhan jenis palma yang belum mekar [masih dalam seludangnya]) yang belum mekar sehingga proses pemekaran bunga menjadi terhambat. Proses pengikatan ini mengakibatkan nutrisi yang dibutuhkan bunga untuk mekar mengalami penumpukan menjadi cairan gula.

Megumpulkan Nira Kelapa

Megumpulkan Nira Kelapa

Pengikatan terkadang juga menggunakan dua belah kayu untuk membantu pengepresan. Pada proses pengikatan ini mayang akan mengalami pembengkakan karena penumpukan cairan gula. Setelah proses pembengkakan berhenti, batang mayang diiris-iris untuk mengeluarkan cairan gulanya secara bertahap. Cairan gula ini selanjutnya akan diproses dengan cara dimasak sampai mengental dan mengalami proses karamelisasi (pencoklatan). Cairan gula yang sudah dimasak ini kemudian dicetak dan dibiarkan sampai mengeras. Gula palem cetak ini disebut juga gula merah.

Cetakan Gula Merah Tempurung

Cetakan Gula Merah Tempurung

Beberapa produsen hanya tertarik untuk menjual gula palem mereka mereka sebagai “gula kelapa“, bukan nama lain. Namun ketahuilah bahwa terdapat banyak “gula palem / sugar palm” di luar sana yang bukan merupakan gula kelapa.

Di beberapa area, terutama di Thailand, istilah “gula kelapa” dan “gula aren” sering digunakan secara bergantian untuk menunjuk sebuah jenis gula yang sama. Namun sebenarnya, gula kelapa berbeda dengan gula aren baik dari rasa, tekstur serta metode pembuatan.

Ini berarti gula merah kelapa, gula merah aren, gula jawa, termasuk gula palem. Gula kelapa sudah tentu termasuk ke dalam kategori gula palem, tetapi tidak semua gula palem merupakan gula kelapa. Gula merah atau gula Jawa biasanya diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan. Pastikan anda bertanya tentang gula merah yang akan anda beli atau konsumsi, dari nira apakah gula merah tersebut dibuat, kelapa, aren, siwalan, atau yang lainnya.



Allahu A'lam. Allah Maha Mengetahui.
Semua kesalahan yang ada di blog ini datangnya dari kesalahan dan lalainya manusia (saya sendiri), mohon koreksinya kalau dirasa ada yang salah.

This post is also available in: English

Tags: , , ,

Facebook Comments:

No comments yet.

Leave a Comment

Remember to play nicely folks, nobody likes a troll.