Cara Membersihkan dan Merawat Perak

Cara Merawat dan Membersihkan Perak yang Baik dan Benar

Membersihkan Perak

Membersihkan Perak

  1. Masalah Umum Perhiasan Perak
  2. Cara Merawat Perak
  3. Cara Membersihkan Perak

Perhiasan perak dengan mode yang terbaru, selain menambah keindahan saat kita saat memakainya, juga akan menambah kemilau kotak perhiasan kita. Jadi, merawat perak untuk membuatnya tetap bersinar setiap saat merupakan hal yang sangat penting.
Kebanyakan perhiasan perak adalah campuran dari perak murni dan tembaga (biasanya), atau metal lain yang merupakan logam lebih kuat, tapi akan cenderung memudar bila tidak dirawat dengan baik.

Ini merupakan salah satu keunikan silver, dimana akan terjadi lebih sedikit perubahan warna bila dipakai setiap hari, dan kemungkinan pergantian warnanya juga relatif lebih lambat daripada lama tidak dikenakan. Jadi, untuk perhiasan yang dipakai setiap hari, cukup dirawat dengan cara di lap dengan lap cotton lembut saja setiap hari, atau lap khusus perhiasan silver yg ada di toko2 perhiasan. Dengan lap khusus perak, tentunya hasilnya jauh lebih sempurna dan lebih bersih.

Perak atau emas yang dibuat dengan cara-cara yang kurang benar dalam proses pencampuran kadar juga akan mudah kusam, berubah warna terkadang sampai hitam, tergores dan penyok-penyok.

Tergores dan penyok adalah kelalaian pemakai kalau ini yang terjadi hati-hati dengan barang berharga anda.

Penyebab mudah penyok atau gores bisa jadi karena kadar yang tinggi sehingga perak atau emas agak lembut. Sedang kusam atau hitam sebaliknya kadar perak atau emas mungkin rendah sehingga mudah oxidasi atau bereaksi dengan zat lain. Biasanya yang paling keras menyebabkan adalah garam dan belerang, ini berarti air laut dan mungkin mandi di air panas alami yang mengandung belerang. Atau yang lebih sering terjadi adalah malah bahan campurannya yang naik kepermukaan. Ini semacam hukum alam yang ringan mau naik ke atas. Ini terjadi juga sama benda padat namun agak lama. Biasanya kalau cincin emas pernah dipotong untuk dikecilkan ukurannya ia akan tampak garis potongannya.


Masalah umum perhiasan emas dan perak

  • Emas dan perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya, sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Walaupun emas lebih sulit untuk menjadi kusam, tapi lama-kelamaan emas juga bisa menjadi kusam.
  • Emas/Perak kusam karena mandi di laut atau air yang mengandung garam atau belerang. Perak dan emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.
  • Emas/Perak kusam dan hitam karena disimpan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas atau perak jadi hitam.
  • Cepat menjadi kusam atau hitam dikarenakan campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan, dan biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau ‘hand made’ lebih susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.
  • Emas/Perak menjadi kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.
  • Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.
  • Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.

Cara merawat perak yang benar

  • Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.
    Sejauh ini cara menyimpan perak yang paling efektif adalah dengan dimasukkan ke dalam kompartemen plastik yang terpisah satu dengan lainnya. Bisa juga dimasukkan ke kantong plastik kedap udara secara terpisah.

    Mengapa harus terpisah? Karena silver termasuk logam yang mudah terbaret, jadi apabila tidak dipisah takut terbaret satu sama lain, terutama anting. Selain itu juga menjaga agar satu sama lain tidak saling bereaksi karena campuran metal di dalamnya bisa berbeda-beda dari setiap pengrajin ataupun brand-nya.

    Bisa juga dimasukkan ke dalam kantong bludru setelah sebelumnya dibungkus dengan kertas tipis. Pada intinya, menjaga agar perak terlindungi dari reaksi udara, air, dll yang bisa menyebabkan perubahan warna dan korosi, sekaligus mudah dilihat dan diambil untuk dikenakan.

  • Tempatkan perhiasan perak terpisah dengan perhiasan lain dan simpanlah di tempat yang kering.
  • Lepaskan perhiasan perak anda sebelum mandi atau berenang, karena kadar chloride dalam air berbeda-beda dan dapat mengundang korosi tadi. Begitu juga sewaktu memasak dan mencuci, sebaiknya tidak digunakan karena garam juga dapat mengakibatkan korosi.
  • Hindari benda yang mengandung sulfur (sabun sulfur), menthol, zat chloride (air pada saat berenang), dan acid atau asem, karena bisa menyebabkan perak berubah warna.
  • Perak juga akan berubah warna merah kecoklat-coklatan apabila terkena parfum secara langsung.

Cara Membersihkan Perak yang Benar

  • Lap perhiasan perak sesering mungkin perhiasan perak dan emas anda. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau sering di bengkel sepeda motor. Lap gunakan yang lembut dan bagus dari kaos bekas bahan cotton atau katun yang sudah sering dicuci. Kapas juga bisa namun menggosoknya jadi agak susah.
  • Apabila perak berubah warna, gunakan pasta gigi berwarna putih, asam kelerak/asam jawa atau pembersih perak yang bebas dijual di supermarket.
  • Pedagang perhiasan emas dan perak memanfaatkan keunggulan lerak (kelerak) untuk membuat emas/perak menjadi bersih dan tidak rusak. Penghitaman pada emas dan perak terutama, dapat terjadi bila menggunakan bahan pencuci sembarangan. Senyawa hidrofob dan hidrofil pada bahan pencuci sintetislah yang menyebabkan penghitaman itu. Hal ini tentu mengurangi keindahan logam mulia tersebut.
  • Kalau emas atau perak anda sudah terlalu gores dan anda tidak keberatan untuk sedikit susut gunakanlah amplas no. 1000 kalau sudah halus gunakan amplas no 2000 sampai halus, boleh sekali-sekali celup di air (sama saja bila diservis ke tukang emas, akan susut juga). Kalau dirasa sudah cukup halus pakai saja autosol tadi untuk membuat cling lagi. Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.

Kirimkan tips atau cara anda mmbersihkan dan merawat perak lewat kotak komentar di bawah.



Allahu A'lam. Allah Maha Mengetahui.
Semua kesalahan yang ada di blog ini datangnya dari kesalahan dan lalainya manusia (saya sendiri), mohon koreksinya kalau dirasa ada yang salah.

Tags: ,

Facebook Comments:

No comments yet.

Leave a Comment

Remember to play nicely folks, nobody likes a troll.